Gadget

Bangkitnya Game Online: Tips Tetap Aman

Pada 2017, ada lebih dari dua miliar gamer di seluruh dunia dan 27 persen di antaranya berusia di bawah 18 tahun. Ini berarti bahwa anak-anak dan remaja menjadi lebih terlibat dengan video game karena beragamnya yang ditawarkan. Lonjakan popularitas ini mungkin menyulitkan orang tua untuk mengikuti berbagai fitur keamanan online yang ditawarkan.

Apa yang dapat dilakukan orang tua untuk menjaga keluarga mereka tetap aman?

Salah satu cara termudah untuk tetap aman adalah dengan terlebih dahulu terlibat dengan anak-anak Anda di sekitar video game. Jadikan bermain video game sebagai urusan keluarga dengan bermain game bersama! Studi telah menunjukkan bahwa bermain video game bersama memiliki dampak positif pada perkembangan anak Anda dan hubungan jangka panjang; dengan mengenal hiburan favorit mereka, Anda dapat lebih memahami mereka dan belajar tentang bagaimana mereka memproses sesuatu. Meskipun demikian, ada tantangan unik untuk menjaga Anda dan keluarga Anda tetap aman secara virtual dan fisik. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipikirkan ketika Anda siap untuk bermain video game dengan keluarga Anda:

  • Peringkat Usia: apakah anak Anda bermain atau menonton game yang sesuai dengan usianya? Membeli game berdasarkan peringkat usia dan konten Entertainment Software Rating Board (ESRB) adalah hal yang umum. Ada tiga komponen inti dari sistem peringkat ESRB; kategori peringkat menyarankan kesesuaian usia, deskriptor konten menunjukkan konten yang mungkin memicu peringkat tertentu, dan elemen interaktif menyoroti fitur interaktif atau online dari suatu produk yang mungkin menarik bagi orang tua, seperti kemampuan untuk melakukan pembelian dalam game dan kemampuan untuk berinteraksi dengan pengguna lain. Untuk permainan kotak, ESRB juga menyediakan ringkasan peringkat, yang melampaui peringkat untuk memberikan deskripsi rinci namun singkat kepada orang tua tentang jenis konten yang mereka ingin sekarang tentang ketika memilih permainan untuk anak mereka. Anda dapat menemukan ringkasan peringkat game dengan mencari di esrb.org dan/atau Aplikasi Pencarian Peringkat ESRB. Peringkat ESRB adalah langkah pertama yang cepat dan mudah untuk membantu Anda memutuskan apakah sebuah game cocok untuk anak dan keluarga Anda atau tidak. Penting juga untuk terlibat dengan permainan sendiri sehingga Anda dapat memahami alur cerita dan tujuan dan melihat apakah ada adegan yang mengganggu atau mengganggu. Lihat sendiri apakah Anda merasa nyaman dengan anak Anda memainkan permainan itu.
  • Kontrol Orang Tua: Kontrol orang tua tersedia di setiap konsol, perangkat game genggam, komputer, ponsel, dan tablet. Orang tua dapat mengaktifkan alat ini untuk mengelola jumlah waktu yang dapat dihabiskan anak-anak Anda untuk bermain game, berapa banyak uang yang diizinkan untuk mereka belanjakan untuk pembelian dalam game, dengan siapa mereka dapat bermain online, dan game serta aplikasi mana yang dilarang berdasarkan informasi peringkat yang ditetapkan ESRB. Anda dapat menemukan lebih banyak tentang kontrol orang tua, dan panduan kontrol orang tua langkah demi langkah di esrb.org. Selain kontrol orang tua yang terpasang di perangkat Anda, Anda bisa mendapatkan lebih banyak opsi kontrol melalui perangkat lunak tambahan.
  • Keamanan Akun: Apakah anak Anda menggunakan metode verifikasi dua langkah atau dua faktor? Kedua metode melindungi akun Anda dengan meminta informasi tambahan setelah memasukkan kata sandi Anda untuk masuk ke akun Anda. Jika tidak, apa pengaturan privasi untuk game? Banyak game saat ini terhubung ke Internet dan dapat dimainkan di konsol seperti Xbox atau PlayStation, komputer, atau perangkat seluler seperti ponsel dan tablet. Kenali pengaturan privasi untuk setiap perangkat sehingga tidak ada kejutan. Penting untuk mengetahui kebijakan privasi setiap game, aplikasi, atau situs web untuk mengetahui informasi pribadi apa yang disimpan, mengapa, dan dengan siapa informasi tersebut dapat dibagikan. Meskipun menghapus penyebutan lokasi atau alamat anak Anda di profil mereka adalah penting, memasukkan usia anak Anda yang benar memastikan bahwa konten yang berpotensi tidak pantas diblokir dan bahwa peraturan privasi tertentu melindungi anak Anda.
  • Pemblokiran dan Pelaporan: Karena banyak game memiliki kemampuan obrolan suara atau kotak obrolan dalam game, ada kemungkinan kontak yang tidak dapat diterima dari pemain lain. Anda dan anak Anda harus terbiasa dengan fitur “laporkan” dan “blokir” sehingga Anda atau mereka dapat dengan mudah melaporkan perilaku bermasalah. Dorong anak Anda untuk memberi tahu Anda tentang perilaku beracun dan memulai percakapan tentang apa yang pantas dan tidak pantas untuk dikatakan saat bermain online. Orang tua juga dapat secara pre-emptive menghindari perilaku yang berpotensi mengganggu dengan menonaktifkan obrolan suara dan/atau membatasi penggunaan headset. Ada juga beberapa pengaturan kontrol orang tua yang memungkinkan orang tua membuat “daftar putih” yang melacak dengan siapa anak Anda diizinkan bermain.
  • Beristirahat: Setiap orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa harus ingat untuk bangun dan berjalan atau mengambil jeda teknologi. Hal ini penting untuk mencegah potensi masalah di masa mendatang seperti sindrom terowongan karpal atau kelelahan mata. Untungnya, sebagian besar kontrol orang tua menawarkan kemampuan untuk mengatur jumlah waktu yang dapat dihabiskan anak-anak Anda untuk bermain game. Beberapa bahkan membiarkan Anda membuat parameter yang berbeda setiap hari, memungkinkan lebih banyak waktu pekerjaan rumah selama seminggu dan lebih banyak waktu bermain game di akhir pekan. Libatkan anak Anda dalam diskusi tentang permainan seimbang seperti kapan harus bermain dan berapa lama.

Daftar di atas hanya menunjukkan beberapa cara untuk tetap aman saat bermain video game. Dengan menyiapkan lingkungan yang sehat di rumah dan melakukan percakapan terbuka tentang alat dan sumber daya, Anda akan membantu anak-anak Anda menciptakan ruang online yang aman.